pengalaman berorganisasi

Pengalaman berorganisasi yang pernah saya alami yaitu saya pernah menjadi panitia peensi dan acara perlombaan semua ekstrakulikuler di SMA saya yang di adakan setiap tahunnya, ada beberapa ekskul yaitu Tari Saman, Basket, Futsal, Grafiti, Fotografi, dan Bulu Tangkis yang mengisi acara kami  . Acara angkatan kami ini tahun ke5.Tahun-tahun sebelumnya senior kami yang sudah lulus cukup sukses mengadakan acara tersebut, dan kami berharap angkatan kami pun bisa lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.

Di acara perlombaan ini saya dijadikan panitia karna saya salah satu anggota ekskul saman di SMA saya, kebetulan di acara eksul saman termasuk salah satu dari acara tersebut. Saya dijadikan pantia lomba Tari Saman di bagian humas yaitu mengurusi tempat peserta lomba tari saman, dan mempersiapkan semua tim saman yang saya urusi.

Beberapa bulan sebelum acara kami semua di sibukkan dengan adanya pendaftaran untuk semua sekolah tingkat SMA yang ingin mengikuti lomba ekskul mereka masing-masing, kami disibukkan juga dengan rapat, mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya untuk acara kami tersebut.
Paling merepotkan  untuk seluruh panti yaitu mengumpulkan dan mencari dana sebanyak-banyaknya ke seluruh tempat yang bisa menghasilkan kami uang, dan kami tidak lupa juga untuk memberikan proposal acara kami kepada orang-orang yang ingin menyumbang agar tidak terjadi penipuan,, dan kami pun juga mengundang mereka yang sudah menyumbang untuk datang ke cara perlombaan yang kami adakan tersebut.

Panitia futsal dan basket sudah di sibukkan dengan tugas mereka masing-masing karena untuk ekskul Futsal dan basket sudah di adakan terlebih dahulu di sekolah selama 2 minggu. Untuk futsal seminggu dan untuk basket juga seminggu. Futsal dan basket di adakan lebih dulu karna untuk menentukkan pemenang dari beberapa tim dan pemenang yang menang akan masuk final di acara puncak nanti.

Saya sebagai panitia dari ekskul Tari Saman, saya dan panitia saman lainnya termasuk panitia yang paling sibuk di antara ekskul lainnya. Kami membuka pendaftaran lomba tari saman sebulan sebelum acara perlombaan di adakan, kami mengadakan rapat antar peserta lomba tari saman, kami menjelaskan peraturan perlombaan, tata tertib dan waktu.

3 hari sebelum acara semua panitia berkumpul di ruang kelas dan membagi bagikan tugas untuk beberapa siswa di luar panitia yang ingin suka relawan membantu meng sukseskan acara, ketua osis memberi tahu tempat dan waktu, tata tertib perlombaan dan peraturannya. Hari esoknya beberapa panitia bertemu dengan pengurus Gor Ciracas tempat kami mengadakan acara untuk melakukan pembayaran, dan menaruh beberapa barang yang kami gunakan untuk acara tersebut dan hari esoknya pun kami semua panitia melakukan gladiresik di tempat acara kami, masing-masing panitia yang melakukan tugasnya masing-masing, kami semua panitia bersatu untuk mendekor tempat, membersihkan dan mengatur semuanya, seharian semua panitia di sibukkan menguru tempat acara puncak yang akan diadakan besok.
Malam pun tiba, semua panitia masih sibuk mengurus semua perkerjaan yang masih belum selesai.

Tiba di hari yang sudah kami tunggu-tunggu, acara final, perlombaan dan acara puncak. Panitia sudah berkumpul di tempat tepat pukul 06.00  pagi dengan seragam panitia yang sudah di siapkan. Semua peserta lomba tiba di tempat pukul 09.00 pagi. Acara di buka pukul 10.00 pagi dan semua peserta lomba sudah berkumpul di tempat mereka masing-masing yang sudah kami siapkan. Semua peserta mulai melalukan perlombaan pukul 11.00 di tempat dan lantai yang berbeda. Tari Saman di lantai 1 gabung dengan fotografi dan grafiti, sedangkan Futsal dan basket di lantai 2 dan Bulu Tangkis di lantai 3. Setelah semua peserta lomba telah selesai melakukan perlombaan dan pertandingan juri pun berkumpul di ruangan untuk menentukan pemenang masing-masing perlombaan tersebut dan panitia pun juga berkumpul untuk membicarakan acara akhir dan acara puncak nanti. Setelaah satu jam pengumuman perlombaan telah di sebutkan, masing-masing peserta lomba yang menang mendapatkan plakat dan uang, total uang pemenang seluruhnya yaitu sebesar kurang lebih Rp. 20.000.000-,

Setelah semua peserta lomba sudah mengetahui pemenang, saatnya kami mengadakan acara puncak dengan mengundang band-band yang sudah cukup terkenal, dan tiba juga penonton yang ingin menonton acara puncak yang kami adakan. Acara puncak berlangsung cukup meriah dan rame, acara puncak di adakan selama 3 jam sampai pukul 22.00 malam. Setelah acara puncak selesai semua peserta lomba dan penonton yang sudah datang bubar sedikit demi sedikit, dan semua panitia di sibukkan lagi dengan membongkar dan membersihkan tempat yang sudah kami sewa itu.
Semua panitia menyelesaikan tugasnya hingga pukul 23.30 dengan keadaan bahagia dan puas karna acara yang kami adakan telah sukses bahkan lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya.

Demikian cerita pengalaman berorganisasi saya, maaf jika ada kesalahan kata, dan penyusunan kalimat :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar