Peran Komunikasi dalam Organisasi

Komunikasi adalah suatu proses dalam seseorang, atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat yang menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya organisasi di lakukan secara verbal yang dapat di mengerti oleh kedua belah pihak. Jika bahasa verbal yang dapat di mengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan bahasa tubuh.

Komunikasi dalam suatu organisasi sangat penting. Dengan kata lain jika tidak ada sebuah interaksi maka niscaya sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik, lancar atau sesuai tujuan. Interaksi adalah proses hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih dimana orang yang satu menjadi pemberi informasi dan yang satu nya menjadi penerima informasi.
Setiap organisasi pasti mementingkan komunikasi agar terjadi suatu kelancaran dalam organisasi. Tujuan komunikasi dalam organisasi memberikan banyak manfaat secara langsung yaitu memudahkan para anggota bekerja dari intruksi yang diberikan oleh atasannya. Jika semua atasan dan bawahan berkomunikasi dengan baik maka kesalahpahaman yang akan terjadi tidak akan terjadi.

Komunikasi dalam organisasi sekolah. Di sekolah juga perlu komunikasi dalam organisai contohnya osis atau organisasi panita pensi. Setiap osis ingin mengadakan acara ketua osis pasti memberikan komunikasi kepada anggotanya apa saja yang harus mereka kerjaan di acara itu, bagaimana cara pengerjaannya, bagian-bagian apa dalam acara itu dan sebagainya. Jika tidak terjadi komunikasi antara ketua osis kepada anggotanya maka acara yang akan mereka adakan tidak akan berjalan lancar. Hal yang sama juga untuk organisasi panitia pensi. Ketua osis yang menjadi ketua juga di acara pensi pun juga harus berkomunikasi dengan bawahannya, memberi tahu apa pekerjaan mereka, bagian mana mereka dalam bekerja. Ketua pensi pun selalu mengadakan rapat kepada anggotanya untuk menyusun acara pensi tersebut, membagi tugas dan memberi tahu sebagai apa dia di acara pensi tersebut. Tanpa komunikasi acara pensi tidak akan berjalan lancar.

Jadi, komunikasi dalam organisasi sangat penting. Tanpa komunikasi apapun yang akan kita kerjakan tidak akan berjalan lancar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar