UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
PROPOSAL
PENULISAN ILMIAH
Disusun oleh :
Tari Armita Putri
17112296
Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat Dalam Mencapai Gelar Setara Sarjana Muda
Jakarta
2015
1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam
perancangannya setiap rumah adat yang ada di Indonesia mempunyai arti, makna,
ciri khas serta fungsi. Dilihat dari mengapa desain rumah adat itu dibuat
sedemikian rupa bentuknya, dan memiliki banyak arti serta fungsi yang
dilengkapi dengan ornamen, serta elemen-elemen yang terkandung di dalamnya yang
mungkin sebagai salah satu simbol atau ciri dari setiap daerah.
Dengan adanya animasi 3D dalam dunia sejarah dan
budaya memberikan keuntungan dalam upaya mendokumentasikan dan mempublikasikan
arsitektur tradisional budaya yang ada di indonesia yang telah ada saat ini.
Maka dibuat sebuah media Pengenalan Rumah Adat Tradisional Sumatera Barat
Minangkabau . Menggunakan teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Adanya
aplikasi ini, diharapkan dapat membantu mengilustrasikan pengetahuan Rumah Adat
di Indonesia secara lebih nyata, praktis, efisien, dan fleksibel.
1.2 Batasan
Masalah
Pembahasan dalam penulisan ini hanya
menampilkan model rumah adat tradisonal Sumatera Barat Minangkabau. Gambar 3D
dari rumah adat tersebut akan ditampilkan di atas marker yang sudah tertera
pada kertas media cetak. Sedangkan untuk pembuatan model desain rumah penulis
menggunakan aplikasi autodesk 3D studio Max 2012 dan Unity untuk menampilkan
model yang telah dibuat.
1.3 Tujuan
Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah
menampilkan desain 3D rumah adat tradisional Sumatera Barat dengan memanfaatkan
teknologi Augmented Reality sebagai media pengetahuan, yang diharapkan untuk
meningkatkan daya tarik generasi muda.
2.
LANDASAN TEORI
2.1
Rumah Adat Sumatera Barat
Rumah gadang merupakan rumah adat Minangkabau.
Rumah gadang ini mempunyai ciri-ciri yang sangat khas. Bentuk dasarnya adalah
balok segi empat yang mengembang ke atas. Garis melintangnya melengkung tajam
dan landai dengan bagian tengah lebih rendah. Lengkung atap rumahnya sangat
tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan dan rumah landai seperti
badan kapal. Atap rumahnya terbuat dari ijuk. Bentuk atap yang melengkung dan
runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya membentuk gonjong, maka
rumah gadang disebut juga rumah bagonjong.
3. PROSEDUR PENELITIAN
A. Metode Penelitian
Metode
penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan metode SDLC
(Software Development Life Cycle). Penulisan dilakukan dalam beberapa
tahap.
1. Studi Pustaka
Pada
tahap ini, dilakukan penelitian dengan mempelajari buku-buku karya
ilmiah, situs-situs web, literatur serta dokumentasi yang ada kaitannya
dengan penulisan ini yang dipergunakan sebagai bahan acuan dalam
pemecahan masalah.
2. Analisis Perancangan
Pada tahap ini, dilakukan penguraian akan gambaran umum aplikasi..
3. Perancangan Aplikasi
Pada tahap ini, dilakukan penguraian akan gambaran umum aplikasi..
Pada tahap ini berupa kegiatan perancangan aplikasi berbasis android dan membuat rancangan tampilan aplikasi.
4. Implementasi
Membahas
mengenai rancangan rumah adat
tradisional Sumatera Barat, rancangan model rumah, pembuatan objek 3D,
pembuatan animasi, export objek, pembuatan media cetak dan marker, implementasi
dengan Unity, dan uji coba AR.
0 komentar:
Posting Komentar