Proposal Karya Ilmiah

UNIVERSITAS GUNADARMA

FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI








PROPOSAL
PENULISAN ILMIAH

Disusun oleh :
Tari Armita Putri
17112296



Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat Dalam Mencapai Gelar Setara Sarjana Muda


Jakarta
2015
 
 
 
 
 
1. PENDAHULUAN
 
1.1  Latar Belakang Masalah


Dalam perancangannya setiap rumah adat yang ada di Indonesia mempunyai arti, makna, ciri khas serta fungsi. Dilihat dari mengapa desain rumah adat itu dibuat sedemikian rupa bentuknya, dan memiliki banyak arti serta fungsi yang dilengkapi dengan ornamen, serta elemen-elemen yang terkandung di dalamnya yang mungkin sebagai salah satu simbol atau ciri dari setiap daerah.

Dengan adanya animasi 3D dalam dunia sejarah dan budaya memberikan keuntungan dalam upaya mendokumentasikan dan mempublikasikan arsitektur tradisional budaya yang ada di indonesia yang telah ada saat ini. Maka dibuat sebuah media Pengenalan Rumah Adat Tradisional Sumatera Barat Minangkabau . Menggunakan teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Adanya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu mengilustrasikan pengetahuan Rumah Adat di Indonesia secara lebih nyata, praktis, efisien, dan fleksibel.

 
1.2       Batasan Masalah
            Pembahasan dalam penulisan ini hanya menampilkan model rumah adat tradisonal Sumatera Barat Minangkabau. Gambar 3D dari rumah adat tersebut akan ditampilkan di atas marker yang sudah tertera pada kertas media cetak. Sedangkan untuk pembuatan model desain rumah penulis menggunakan aplikasi autodesk 3D studio Max 2012 dan Unity untuk menampilkan model yang telah dibuat.

1.3       Tujuan Penulisan
            Tujuan dari penulisan ini adalah menampilkan desain 3D rumah adat tradisional Sumatera Barat dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media pengetahuan, yang diharapkan untuk meningkatkan daya tarik generasi muda.


2. LANDASAN TEORI

2.1       Rumah Adat Sumatera Barat
Rumah gadang merupakan rumah adat Minangkabau. Rumah gadang ini mempunyai ciri-ciri yang sangat khas. Bentuk dasarnya adalah balok segi empat yang mengembang ke atas. Garis melintangnya melengkung tajam dan landai dengan bagian tengah lebih rendah. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan dan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumahnya terbuat dari ijuk. Bentuk atap yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya membentuk gonjong, maka rumah gadang disebut juga rumah bagonjong.


3. PROSEDUR PENELITIAN


A.          Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan metode SDLC (Software Development Life Cycle). Penulisan dilakukan dalam beberapa tahap.
      1.      Studi Pustaka
Pada tahap ini, dilakukan penelitian dengan mempelajari buku-buku karya ilmiah, situs-situs web, literatur serta dokumentasi yang ada kaitannya dengan penulisan ini yang dipergunakan sebagai bahan acuan dalam pemecahan masalah.
 2.       Analisis Perancangan 
    
  Pada tahap ini, dilakukan penguraian akan gambaran umum aplikasi..
3.      Perancangan Aplikasi
Pada tahap ini berupa kegiatan perancangan aplikasi berbasis android dan membuat rancangan tampilan aplikasi.
      4.      Implementasi
Membahas mengenai rancangan  rumah adat tradisional Sumatera Barat, rancangan model rumah, pembuatan objek 3D, pembuatan animasi, export objek, pembuatan media cetak dan marker, implementasi dengan Unity, dan uji coba AR.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar