A.
Komunikasi
Jaringan
Apa itu komunikasi
dalam jaringan? Komunikasi dalam jaringan adalah komunikasi yang dilakukan
secara online yang menggunakan teknologi modern (canggih) melalui sebuah
jaringan, sehingga kita dapat berkomunikasi dari jarak jauh tanpa harus
bertatap muka atau bertemu secara langsung.
Apa contoh
berkomunikasi dalam jaringan? Contoh berkomunikasi dalam jaringan antara lain
adalah layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail. LAN, MAN, WAN yang
menggunakan jaringan internet. Dan telepon yang menggunakan jaringan telepon.
Berkomunikasi dalam
jaringan ini pastinya pun mempunyai kelebihan dan kekuranganya. Berikut
kelebihan dan kekurangan dalam berkomunikasi menggunakan jaringan.
- Kelebihan
Kelebihan berkomunikasi dalam jaringan adalah kita
dapat menghemat waktu, karena tanpa bertemu langsung kita sudah dapat
berkomunikasi (komunikasi jarak jauh).
- Kekurangan
Kekurangan berkomunikasi dalam jaringan adalah
ketika jaringan tersebut kurang bagus atau ada gangguan jaringan, kita tidak
dapat menggunakan jaringan tersebut untuk berkomunikasi.
Contoh komunikasi dalam jaringan:
WeChat adalah Salah
Satu Layanan Komunikasi pesan suara dan Pesan Text yang sudah dikembangkan oleh
Tencent di China. Wechat dapat di
gunakan pada beberapa Gadget seperti Android , Blackberry Iphone , Windows
Phone. Aplikasi ini juga mendukung
Bahasa Indonesia, jadi jangan kawatir bagi anda yang tidak bisa bahasa Asing.
Fitur WeChat:
- - Chat
WeChat memiliki
tampilan chat yang sederhana. Disamping itu, terdapat dua icon, yaitu icon +
yang berfungsi untuk membuka opsi tambahan dan icon suara untuk Voice Messaging
di sebelah kolom text. Background chat pada aplikasi ini pun dapat diganti
sesuai keinginan pengguna dan terdapat fitur Broadcast Message yang dapat disematkan
pada aplikasi WeChat ini.
- - Video Call
Masih Ingat dengan Hp
3G ?. Video Call juga ada di WeChat. Dengan menggunakan fitur ini, maka
pengguna dapat berkomunikasi secara tatap muka melalui gadget. Saat ini masih
dalam pengembangan versi terbaru.
- - Voice Chat
Fitur voice chat yang
terdapat pada aplikasi WeChat tergolong sederhana dan mudah untuk digunakan.
Pengguna hanya perlu menekan tombol "Hold to Talk" untuk merekam
suara, selanjutnya untuk mengirim pesan tersebut pengguna hanya perlu
melepasnya. Begitu canggihnya aplikasi ini, bisa buat ngrekam suara juga. :)
- - Moments
Moments adalah fitur
dari WeChat yang berupa timeline yang dapat di isi dengan kata-kata atau foto.
Selain itu, timeline yang telah dipublikasikan dapat juga diberikan komentar
baik oleh penggunan yang mengunggah timeline tersebut ataupun pengguna lainnya.
Pada dasarnya, fitur ini mirip dengan fitur yang terdapat pada Facebook
- - Emoticon
Emoticon dari WeChat
cukup lengkap dan unik dibandingkan aplikasi chat lainnya. WeChat memiliki
berbagai jenis emoticon, antara lain emoji art, custom emoticon, emoji, dan
emoticon default. Icon unik hingga animasi gambar yang dapat bergerak juga ada
di WeChat.
- - Group Chat
Pengguna dapat membuat
sebuah group chat dari beberapa contact yang ada dan dapat menambahkan anggota
group tersebut apabila diperlukan. Fitur ini dapat memudahkan penyebaran
informasi yang ada kepada anggota group tersebut.
2. Ask.fm
2. Ask.fm
Ask.fm adalah salah
satu web social network. Dimana penggunanya bisa bertanya apapun ke pengguna
lain sesuai dengan namanya. ask.fm telah diresmikan pada 16 Juni 2013. Kita
bisa bertanya kepada orang lain dengan menggunakan identitas, bahkan dengan
fiturnya yang menarik yaitu kita dapat bertanya tanpa memberikan identitas
(Anonim). Sehingga tidak ketahuan siapa yang bertanya. Di ask.fm kita bisa
melihat profil, pertanyaan-pertanyaan yg dijawab, dan like setiap pertanyaan. Sama
seperti jejaring sosial yang trend lain seperti facebook, twitter dsb. disini
ada sistem follow/following. Tetapi kita hanya bisa melihat siapa yang kita follow.
Sedangkan yang mem-follow kita, tidak bisa dilihat profilnya hanya terlihat
jumlah pengikutnya.
B.
E-Commerce
E-commerce adalah
dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara
online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara
online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat
website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan
merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya
operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .
Adapun pendapat
mengenai pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk
belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah
subperangkat dari E-Bisnis. cara pembayarannya: melalui transfer uang secara
digital seperti melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis
mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika
perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail
tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat
memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara
pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di
akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online. Pada umumnya pengunjung
Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam
sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik
website yang dilakukan melalui email. Dalam prakteknya, berbelanja di web
memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik
yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator.
Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan
MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign),
telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web
menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan
100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-com.
Adapun proses yang
terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
1. Presentasi
electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
2. Pemesanan
secara langsung dan tersedianya tagihan.
3. Secar
otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor
kartu kredit).
4. Pembayaran
yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Adapun keuntungan yang
diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan
adalah sebagai berikut :
1.
Meningkatkan pendapatan dengan
menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2.
Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan
dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
3.
Mengurangi keterlambatan dengan
menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung
dicek.
4.
Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan
pelayanan lebih responsif.
Contoh E-Commerce:
·
Erigostore.
Cara pemesanan belanja di erigostore:
1. Buka website, www.erigostore.com, lalu kemudian cari barang yang diinginkan dengan memilih tombol “shop”. Kemudian akan muncul produk erigo yang dapat anda pilih.
2. Pilih menu login dihalaman utama, lalu login
3. Pilih tombol menu yang ada disebelah kanan, lalu pilih shop
4. Pilih barang yang ingin dibeli, kemudian klik
5. Pilih ukuran & jumlah barang. Jika sudah, klik “add to cart”
6. Jika sudah selesai memilih barang, klik icon cart yg ada dikanan, atau icon check out
7. Liat jumlah yg harus dubayar, kemudian klik submit
8. Masukkan alamat yang akan dikirim dan informasi pembeli, lalu submit kembali
9. Jika sudah, maka akan terdapat rincian barang yg dibeli, uang harus ditransfer, alamat pembeli, seraat no.rekening dari erigo
10. Jika sudah, klik submit kembali.
11. Jika sudah mentransfer, lakukan konfirmasi pembayaran dengan masuk ke halaman konfirmasi pembayaran
12. Lalu masukkan informasi yang dibutuhkan untuk konfirmasi, contoh: bukti transfer atm & nomor order. Jika sudah, klik submit
13. Kemudian erigo melakukan verifikasi, lalu akan diinfokan kepada pembeli by email
C. Global
Positioning System (GPS)
Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem
navigasi yang memanfaatkan satelit.
Contoh aplikasi menggunakan GPS:
I. Wisepilot – GPS Navigation
Keberadaan fitur GPS dengan map atau navigator dalam
sebuah perangkat Android Phone menjadi tak terelakkan keberadaannya. Mengapa?
Karena banyak dari para pengguna Android ini yang memilih memakainya dengan
pertimbangan kelengkapan dan kecanggihan fitur penunjuk arah yang satu ini.
Namun demikian, selera setiap orang berbeda-beda, mereka ada yang suka dengan
fitur bawaan produsen, ada juga yang lebih menyukai produk GPS buatan pihak
ketiga: salah satunya ialah GPS Wisepilot.
Aplikasi
GPS Wisepilot merupakan navigator yang banyak menarik
minat para Android User karena fungsinya yang sangat diandalkan untuk
menujukkan arah dan menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan. Makanya
itu, Paseban berusaha untuk me-review-nya untuk Anda.
Instalasi
Aplikasi
GPS Wisepilot mempunyai dua versi, yakni pro dan
gratis. Versi gratisnya tersedia di Android Market dengan kapasitas 12.04 MB,
sedangkan bagi pengguna Sony Ericcson tak perlu lagi mengunduhnya karena
aplikasi ini sudah ditanamkan ke dalam perangkat Andorid tersebut sebagai bawaannya.
- Fitur:
Wisepilot memiliki beberapa fitur unggulan yang akan
membantu penggunanya menemukan alamat yang hendak dituju beserta informasi yang
dibutuhkan lainnya, sebagai berikut;
Find place - dengan fitur ini Anda memungkinkan
untuk bisa menemukan berbagai tempat atau fasilitas umum yang dibutuhkan
semisal pom bensin, rumah sakit, tempat makan, taman kota, kantor birokrasi
pemerintahan yang dibutuhkan. Alamat-alamat tersebut bisa dengan mudahnya
ditemukan selama terdaftar dalam peta yang digunakan.
Share place - Aplikasi GPS Wisepilot bisa membantu
Anda untuk menyebarkan (share) berbagai tempat yang dianggap mengasyikkan
dengan fitur ini melalui jejaring sosial seperti Twitter atau bahkan MMS.
Peta dunia - Wisepilot juga bisa digunakan untuk
mengunduh berbagai peta sebagian besar negara-negara di dunia yang akan Anda
tuju dengan sedetil mungkin, seperti jalan besar di ibukota, tikungan,
perapatan, dsb.
Quick navigate - perencanaan yang lebih matang bisa
dilakukan dengan Wisepilot ini karena dengan fitur Quick Navigate ini Anda
dimungkinkan bisa dengan cepat bernavigasi ke tempat tujuan. Jarak yang akan
ditempuh dari asal keberangkatan Anda sampai ke tujuan bisa dinavigasi pakai
Wisepilot ini.
Forecast - ini dia fitur yang sangat menarik karena
fungsinya sama dengan BMKG yang mampu memberikan prediksi yang akurat terkait
cuaca ketika hari di mana Anda melakukan perjalanan, panas, hujan, mendung,
atrau gerimis bisa diprediksikan oleh Wisepilot.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar