Pengantar Telematika

A.    Komunikasi Jaringan

Apa itu komunikasi dalam jaringan? Komunikasi dalam jaringan adalah komunikasi yang dilakukan secara online yang menggunakan teknologi modern (canggih) melalui sebuah jaringan, sehingga kita dapat berkomunikasi dari jarak jauh tanpa harus bertatap muka atau bertemu secara langsung.

Apa contoh berkomunikasi dalam jaringan? Contoh berkomunikasi dalam jaringan antara lain adalah layanan email seperti Gmail dan Yahoo Mail. LAN, MAN, WAN yang menggunakan jaringan internet. Dan telepon yang menggunakan jaringan telepon.
Berkomunikasi dalam jaringan ini pastinya pun mempunyai kelebihan dan kekuranganya. Berikut kelebihan dan kekurangan dalam berkomunikasi menggunakan jaringan.

-          Kelebihan

Kelebihan berkomunikasi dalam jaringan adalah kita dapat menghemat waktu, karena tanpa bertemu langsung kita sudah dapat berkomunikasi (komunikasi jarak jauh).

-          Kekurangan

Kekurangan berkomunikasi dalam jaringan adalah ketika jaringan tersebut kurang bagus atau ada gangguan jaringan, kita tidak dapat menggunakan jaringan tersebut untuk berkomunikasi.
Contoh komunikasi dalam jaringan:


  1.  WeChat
WeChat adalah Salah Satu Layanan Komunikasi pesan suara dan Pesan Text yang sudah dikembangkan oleh Tencent di China.  Wechat dapat di gunakan pada beberapa Gadget seperti Android , Blackberry Iphone , Windows Phone.  Aplikasi ini juga mendukung Bahasa Indonesia, jadi jangan kawatir bagi anda yang tidak bisa bahasa Asing.

Fitur WeChat:


  • -          Chat
WeChat memiliki tampilan chat yang sederhana. Disamping itu, terdapat dua icon, yaitu icon + yang berfungsi untuk membuka opsi tambahan dan icon suara untuk Voice Messaging di sebelah kolom text. Background chat pada aplikasi ini pun dapat diganti sesuai keinginan pengguna dan terdapat fitur Broadcast Message yang dapat disematkan pada aplikasi WeChat ini.


  • -          Video Call
Masih Ingat dengan Hp 3G ?. Video Call juga ada di WeChat. Dengan menggunakan fitur ini, maka pengguna dapat berkomunikasi secara tatap muka melalui gadget. Saat ini masih dalam pengembangan versi terbaru.


  • -          Voice Chat
Fitur voice chat yang terdapat pada aplikasi WeChat tergolong sederhana dan mudah untuk digunakan. Pengguna hanya perlu menekan tombol "Hold to Talk" untuk merekam suara, selanjutnya untuk mengirim pesan tersebut pengguna hanya perlu melepasnya. Begitu canggihnya aplikasi ini, bisa buat ngrekam suara juga. :)


  • -          Moments
Moments adalah fitur dari WeChat yang berupa timeline yang dapat di isi dengan kata-kata atau foto. Selain itu, timeline yang telah dipublikasikan dapat juga diberikan komentar baik oleh penggunan yang mengunggah timeline tersebut ataupun pengguna lainnya. Pada dasarnya, fitur ini mirip dengan fitur yang terdapat pada Facebook


  • -          Emoticon
Emoticon dari WeChat cukup lengkap dan unik dibandingkan aplikasi chat lainnya. WeChat memiliki berbagai jenis emoticon, antara lain emoji art, custom emoticon, emoji, dan emoticon default. Icon unik hingga animasi gambar yang dapat bergerak juga ada di WeChat.


  • -          Group Chat
Pengguna dapat membuat sebuah group chat dari beberapa contact yang ada dan dapat menambahkan anggota group tersebut apabila diperlukan. Fitur ini dapat memudahkan penyebaran informasi yang ada kepada anggota group tersebut.

2.  Ask.fm

Ask.fm adalah salah satu web social network. Dimana penggunanya bisa bertanya apapun ke pengguna lain sesuai dengan namanya. ask.fm telah diresmikan pada 16 Juni 2013. Kita bisa bertanya kepada orang lain dengan menggunakan identitas, bahkan dengan fiturnya yang menarik yaitu kita dapat bertanya tanpa memberikan identitas (Anonim). Sehingga tidak ketahuan siapa yang bertanya. Di ask.fm kita bisa melihat profil, pertanyaan-pertanyaan yg dijawab, dan like setiap pertanyaan. Sama seperti jejaring sosial yang trend lain seperti facebook, twitter dsb. disini ada sistem follow/following. Tetapi kita hanya bisa melihat siapa yang kita follow. Sedangkan yang mem-follow kita, tidak bisa dilihat profilnya hanya terlihat jumlah pengikutnya.

B.     E-Commerce

E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) .

Adapun pendapat mengenai pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah subperangkat dari E-Bisnis. cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online. Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email. Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-com.

Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce adalah sebagai berikut :
1.      Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
2.      Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
3.      Secar otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
4.      Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.
Adapun keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :
1.              Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih murah.
2.              Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
3.              Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
4.              Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.

Contoh E-Commerce:

·         Erigostore.

Cara pemesanan belanja di erigostore:
1.      Buka website, www.erigostore.com, lalu kemudian cari barang yang diinginkan dengan memilih tombol “shop”. Kemudian akan muncul produk erigo yang dapat anda pilih.
2.      Pilih menu login dihalaman utama, lalu login
3.      Pilih tombol menu yang ada disebelah kanan, lalu pilih shop
4.      Pilih barang yang ingin dibeli, kemudian klik
5.      Pilih ukuran & jumlah barang. Jika sudah, klik “add to cart”
6.      Jika sudah selesai memilih barang, klik icon cart yg ada dikanan, atau icon check out
7.      Liat jumlah yg harus dubayar, kemudian klik submit
8.      Masukkan alamat yang akan dikirim dan informasi pembeli, lalu submit kembali
9.      Jika sudah, maka akan terdapat rincian barang yg dibeli, uang harus ditransfer, alamat pembeli, seraat no.rekening dari erigo
10.  Jika sudah, klik submit kembali.
11.  Jika sudah mentransfer, lakukan konfirmasi pembayaran dengan masuk ke halaman konfirmasi pembayaran
12.  Lalu masukkan informasi yang dibutuhkan untuk konfirmasi, contoh: bukti transfer atm & nomor order. Jika sudah, klik submit
13.  Kemudian erigo melakukan verifikasi, lalu akan diinfokan kepada pembeli by email


C. Global Positioning System (GPS)

Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi yang memanfaatkan satelit.
Contoh aplikasi menggunakan GPS:
I.                   Wisepilot – GPS Navigation


Keberadaan fitur GPS dengan map atau navigator dalam sebuah perangkat Android Phone menjadi tak terelakkan keberadaannya. Mengapa? Karena banyak dari para pengguna Android ini yang memilih memakainya dengan pertimbangan kelengkapan dan kecanggihan fitur penunjuk arah yang satu ini. Namun demikian, selera setiap orang berbeda-beda, mereka ada yang suka dengan fitur bawaan produsen, ada juga yang lebih menyukai produk GPS buatan pihak ketiga: salah satunya ialah GPS Wisepilot.

Aplikasi GPS Wisepilot merupakan navigator yang banyak menarik minat para Android User karena fungsinya yang sangat diandalkan untuk menujukkan arah dan menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan. Makanya itu, Paseban berusaha untuk me-review-nya untuk Anda.

Instalasi

Aplikasi GPS Wisepilot mempunyai dua versi, yakni pro dan gratis. Versi gratisnya tersedia di Android Market dengan kapasitas 12.04 MB, sedangkan bagi pengguna Sony Ericcson tak perlu lagi mengunduhnya karena aplikasi ini sudah ditanamkan ke dalam perangkat Andorid tersebut sebagai bawaannya.

-          Fitur:
Wisepilot memiliki beberapa fitur unggulan yang akan membantu penggunanya menemukan alamat yang hendak dituju beserta informasi yang dibutuhkan lainnya, sebagai berikut;
Find place - dengan fitur ini Anda memungkinkan untuk bisa menemukan berbagai tempat atau fasilitas umum yang dibutuhkan semisal pom bensin, rumah sakit, tempat makan, taman kota, kantor birokrasi pemerintahan yang dibutuhkan. Alamat-alamat tersebut bisa dengan mudahnya ditemukan selama terdaftar dalam peta yang digunakan.
Share place - Aplikasi GPS Wisepilot bisa membantu Anda untuk menyebarkan (share) berbagai tempat yang dianggap mengasyikkan dengan fitur ini melalui jejaring sosial seperti Twitter atau bahkan MMS.
Peta dunia - Wisepilot juga bisa digunakan untuk mengunduh berbagai peta sebagian besar negara-negara di dunia yang akan Anda tuju dengan sedetil mungkin, seperti jalan besar di ibukota, tikungan, perapatan, dsb.
Quick navigate - perencanaan yang lebih matang bisa dilakukan dengan Wisepilot ini karena dengan fitur Quick Navigate ini Anda dimungkinkan bisa dengan cepat bernavigasi ke tempat tujuan. Jarak yang akan ditempuh dari asal keberangkatan Anda sampai ke tujuan bisa dinavigasi pakai Wisepilot ini.
Forecast - ini dia fitur yang sangat menarik karena fungsinya sama dengan BMKG yang mampu memberikan prediksi yang akurat terkait cuaca ketika hari di mana Anda melakukan perjalanan, panas, hujan, mendung, atrau gerimis bisa diprediksikan oleh Wisepilot.


Sumber:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar