Wireless Network





Wireless adalah dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Saat ini teknologi wireless sudah berkembang pesat, buktinya dapat dilihat dapat dilihat dengan semakin banyaknya yang menggunakan telepon sellular, selain itu berkembang juga teknologi wireless yang dipakai untuk mengakses internet.

Tipe-tipe Wireless Network

  1. Wireless PAN (WPAN)


Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area yang kecil. Contohnya Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.


2. Wireless LAN (WLAN) / Wifi


Wireless Local Area Network (WLAN) atau biasa disebut Wifi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dibanding WPAN. Saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya. Awalnya WLAN ditujukan untuk penggunaan perangkat jaringan lokal, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.


3. Wireless MAN (WMAN)

Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) adalah jaringan wireless network yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN. Contoh teknologi WMAN adalah WiMAX.



4. Wireless WAN (WWAN)

Wireless Wide Area Network adalah jaringan wireless yang umumnya menjangkau area luas misalnya menghubungkan kantor pusat dan cabang antar provinsi.


5. Cellular Network

Cellular Network atau Mobile Network adalah jaringan radio terdistribusi yang melayani media komunikasi perangkat mobile seperti handphone, pager, dll. Contoh sistem dari Cellular Network ini adalah GSM, PCS, dan D-AMPS.



Kelebihan dan Kekurangan Wireless

Kelebihan Wireless:
  1. Pembagunan jaringan yang cepat.
  2.   Mudah dan murah untuk direlokasi.
  3. Biaya pemeliharaannya murah.
  4. Infrastruktur berdimensi kecil.
  5.  Mudah untuk dikembangkan.
  6.  Sumber-sumber file bisa pindahkan dengan mudah tanpa menggunakan media kabel.
  7. Mudah sekali untuk di-setup, dan juga handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor maupun di rumah.

Kekurangan Wireless:
  1. Keamanan atau kerahasiaan data data rentan.
  2. Interferensi gelombang radio.
  3. Delay (kelambatan) yang besar.
  4. Biaya peralatan rata-rata mahal.
  5. Produk dari produsen yang berbeda-beda kadang tidak kompatibel/cocok.
  6. Kualitas sinyalnya dipengaruhi oleh keadaan udara maupun cuaca, artinya kualitas dari koneksinya saat cuaca bagus akan berbeda, saat kualitas koneksi cuaca buruk (kalau dipakai diluar gedung/ruangan) dan dipengaruhi juga oleh batas-batas dinding gedung atau ruangan.


Software Maryfi




Maryfi, adalah koneksi secara nirkabel pada perangkat seperti laptop, smartphone, PC, dan sistem gaming sehingga komputer ataupun laptop yang telah terpasang Maryfi bisa menjadi hotspot yang fleksibel. maryfi bisa digunakan pada PC ataupun laptop asalkan terdapat WiFi adapter yang telah terinstal dengan baik. Nantinya, dari sini, Maryfi akan bertindak sebagai repeater yang memancarkan sinyal dengan jarak dan jangkauan yang sesuai dengan WiFi adapter yang dimiliki.

Maryfi mirip dengan aplikasi sejenis, yaitu Virtual Access Point. Dilihat dari tampilannya, Maryfi hanya memiliki sedikit tombol fungsi yang mana menegaskan kemudahan pakainya.

Dengan Maryfi, pengguna bisa berbagi koneksi secara nirkabel pada perangkat seperti laptop, smartphone, PC, dan sistem gaming sehingga komputer ataupun laptop yang telah terpasang Maryfi bisa menjadi hotspot yang fleksibel. Kamu bisa menggunakannya pada PC ataupun laptop asalkan terdapat WiFi adapter yang telah terinstal dengan baik. Nantinya, dari sini, Maryfi akan bertindak sebagai repeater yang memancarkan sinyal dengan jarak dan jangkauan yang sesuai dengan WiFi adapter yang dimiliki.




Kelebihan maryfi:

  • Maryfi juga menawarkan fitur keamanan loh berupa proteksi password menggunakan metode enkripsi WPA2 sehingga tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.
  • Selain koneksi internet, kamu dapat pula melakukan koneksi jaringan secara offline.
  •  Dalam kondisi offline, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk membuat jaringan LAN dan bermain game multiplayer.

Cara kerja maryfi :


  • instal softwerenya
  • buka softwerenya
  • lalu buka klik kanan pada gambar sinyal wifi (dipojok kanan bawah)
  • klik kanan > klik Open and sharing center > klik change adapter setting
  • pilih modem yang kalian gunakan (misal: saya menggunakan modem smart jadi saya klik smart)
  • klik kanan pada tulisan smart
  • kemudia propertis
  • kemudia sharing
  • setelah itu pada kotak pilih "maryfi connection" centang kotak yang paling atas.
  • lalu ok.



Client Server

Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.


Kelebihan Client Server :
- Lebih aman
- Semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral
- Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation

Kekurangan Client Server :
- Membutuhkan administrator yang handal
- Pelaksanannya mahal
- Jika server mati maka komputer clent akan mati juga







Sumber:










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar